Trivia Alkitab - Yesus versus Yusuf

trivia Alkitab - Yesus vs Yusuf
Perjanjian Lama adalah refleksi dari pribadi Yesus sendiri, gambaran tentang Yesus.
Kalau kita pelajari tokoh-tokoh Alkitab atau cerita-cerita Alkitab di Perjanjian Lama, kita akan menemukan banyak kesamaan dengan Yesus lho. Saya percaya ini bukan suatu kebetulan, tapi luar biasa adanya. 
Dengan mengetahui hal ini, semoga semakin mendorong kita untuk lebih mempelajari Alkitab lagi

Trivia Alkitab kali ini kita akan membahas tentang Yusuf versus Yesus

YUSUF versus YESUS
1. Lebih besar daripada saudara-saudaranya
Kejadian 37:5-8
(5) Pada suatu kali bermimpilah Yusuf, lalu mimpinya itu diceritakannya kepada saudara-saudaranya; sebab itulah mereka lebih benci lagi kepadanya.
(6) Karena katanya kepada mereka: "Coba dengarkan mimpi yang kumimpikan ini:
(7) Tampak kita sedang di ladang mengikat berkas-berkas gandum, lalu bangkitlah berkasku dan tegak berdiri; kemudian datanglah berkas-berkas kamu sekalian mengelilingi dan sujud menyembah kepada berkasku itu."
(8) Lalu saudara-saudaranya berkata kepadanya: "Apakah engkau ingin menjadi raja atas kami? Apakah engkau ingin berkuasa atas kami?" Jadi makin bencilah mereka kepadanya karena mimpinya dan karena perkataannya itu.


Sejak awal Yusuf memang berbeda, dia adalah anak kesayangan Yakub. Dan dari mimpi yang diceritakan oleh Yusuf sangat jelas bahwa suatu hari nanti dia akan memerintah atas saudara-saudaranya dan karena itulah Yusuf jadi dibenci oleh mereka. 
Yesus juga mengalami reaksi yang sama di kota kelahirannya, dari saudara-saudaranya sendiri. Setelah mengajar di kota kelahiranya, Yesus ditolak oleh mereka.
di Yohanes 7:5 jelas tertulis "Sebab saudara-saudara-Nya sendiripun tidak percaya kepada-Nya."

Yesus dibenci oleh para pemimpin Israel karena Yesus berkata bahwa Dia lebih besar daripada Yakub dan Abraham (Yohanes 4:12; 8:53)

Matius 13:55-57
(55) Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas?
(56) Dan bukankah saudara-saudara-Nya perempuan semuanya ada bersama kita? Jadi dari mana diperoleh-Nya semuanya itu?"
(57) Lalu mereka kecewa dan menolak Dia. Maka Yesus berkata kepada mereka: "Seorang nabi dihormati di mana-mana, kecuali di tempat asalnya sendiri dan di rumahnya."

2. Konspirasi untuk membunuh dia
Kejadian 37:18
(18) Dari jauh ia telah kelihatan kepada mereka. Tetapi sebelum ia dekat pada mereka, mereka telah bermufakat mencari daya upaya untuk membunuhnya.

Didorong oleh iri hari dan rasa benci, saudara-saudara Yusuf berencana untuk membunuh Yusuf.
Sama seperti para pemimpin Israel pada waktu itu sangat membenci Yesus karena Yesus mengatakan bahwa Dia lebih besar daripada mereka bahkan lebih besar daripada Abraham. Ditambah lagi orang-orang Israel lebih menyukai Yesus dan mendengarkan ajaran-ajaranNya daripada mereka. Didorong oleh iri hati dan rasa benci sehingga mereka juga membuat rencana untuk membunuh Yesus.

Matius 26:3-4
(3) Pada waktu itu berkumpullah imam-imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi di istana Imam Besar yang bernama Kayafas,
(4) dan mereka merundingkan suatu rencana untuk menangkap Yesus dengan tipu muslihat dan untuk membunuh Dia.

Yohanes 8:53
(53) Adakah Engkau lebih besar dari pada bapa kita Abraham, yang telah mati! Nabi-nabipun telah mati; dengan siapakah Engkau samakan diri-Mu?"

3. Dijual dengan uang perak
Kejadian 37:26-28
(26) Lalu kata Yehuda kepada saudara-saudaranya itu: "Apakah untungnya kalau kita membunuh adik kita itu dan menyembunyikan darahnya?
(27) Marilah kita jual dia kepada orang Ismael ini, tetapi janganlah kita apa-apakan dia, karena ia saudara kita, darah daging kita." Dan saudara-saudaranya mendengarkan perkataannya itu.
(28) Ketika ada saudagar-saudagar Midian lewat, Yusuf diangkat ke atas dari dalam sumur itu, kemudian dijual kepada orang Ismael itu dengan harga dua puluh syikal perak. Lalu Yusuf dibawa mereka ke Mesir.




Kemarahan yang didasari iri hati tadi akhirnya memuncak yang mengakibatkan Yusuf dijual dengan harga 20 syikal perak. Idenya dari Yehuda, akar nama yang sama dengan Yudas, yang menjual Yesus dengan harga 30 syikal perak. Yesus dijual ini menggenapi nubuatan di Zakharia 11:13 "Tetapi berfirmanlah TUHAN kepadaku: "Serahkanlah itu kepada penuang logam!" --nilai tinggi yang ditaksir mereka bagiku. Lalu aku mengambil ketiga puluh uang perak itu dan menyerahkannya kepada penuang logam di rumah TUHAN."

Yusuf belum mengerti rencana Tuhan secara lengkap kenapa dia dijual ke Mesir. Pada akhirnya kita bisa lihat bahwa di Mesir Yusuf dapat menyelamatkan bangsa Israel dan bangsa-bangsa lain dari bencana kelaparan yang melanda dunia waktu itu. Jadi boleh dibilang bahwa pembuangan Yusuf ke Mesir adalah rencana penyelamatan dari bencana kelaparan yang akan terjadi. 
Bukankah karya penebusan Yesus juga untuk menyelamatkan baik bangsa Israel maupun bangsa-bangsa lainnya? Karena karya penebusan Yesus maka seluruh bangsa di muka bumi beroleh keselamatan, bukan hanya untuk bangsa Israel saja. Luar biasa bukan? Can you see Jesus now? :-)

Matius 26:14-16
(14) Kemudian pergilah seorang dari kedua belas murid itu, yang bernama Yudas Iskariot, kepada imam-imam kepala.
(15) Ia berkata: "Apa yang hendak kamu berikan kepadaku, supaya aku menyerahkan Dia kepada kamu?" Mereka membayar tiga puluh uang perak kepadanya.
(16) Dan mulai saat itu ia mencari kesempatan yang baik untuk menyerahkan Yesus.

note: Akar nama itu contohnya seperti Elizabeth yang sama dengan Lizbeth, Betty, Betsy atau Eliz. 

4. Dituduh bersalah meskipun dia tidak melakukan kesalahan apapun
Kejadian 39:17-20
(17) Perkataan itu jugalah yang diceritakan perempuan itu kepada Potifar, katanya: "Hamba orang Ibrani yang kaubawa ke mari itu datang kepadaku untuk mempermainkan aku.
(18) Tetapi ketika aku berteriak sekeras-kerasnya, ditinggalkannya bajunya padaku, lalu ia lari ke luar."
(19) Baru saja didengar oleh tuannya perkataan yang diceritakan isterinya kepadanya: begini begitulah aku diperlakukan oleh hambamu itu, maka bangkitlah amarahnya.
(20) Lalu Yusuf ditangkap oleh tuannya dan dimasukkan ke dalam penjara, tempat tahanan-tahanan raja dikurung. Demikianlah Yusuf dipenjarakan di sana.

Setelah dikhianati oleh saudara-saudaranya dan dijual ke Mesir, Yusuf dituduh melakukan sesuatu yang tidak dia lakukan. Difitnah sehingga dimasukkan dalam penjara. 
Sama seperti Yesus, setelah dijual oleh Yudas, Dia dituduh melakukan sesuatu yang tidak dia lakukan. Difitnah sehingga dipenjara sampai akhirnya disalib.

Markus 14:5-64
(55) Imam-imam kepala, malah seluruh Mahkamah Agama mencari kesaksian terhadap Yesus supaya Ia dapat dihukum mati, tetapi mereka tidak memperolehnya.
56) Banyak juga orang yang mengucapkan kesaksian palsu terhadap Dia, tetapi kesaksian-kesaksian itu tidak sesuai yang satu dengan yang lain.
(57) Lalu beberapa orang naik saksi melawan Dia dengan tuduhan palsu ini:
....
(64) Kamu sudah mendengar hujat-Nya terhadap Allah. Bagaimana pendapat kamu?" Lalu dengan suara bulat mereka memutuskan, bahwa Dia harus dihukum mati.

5. Dua orang tahanan 
Kejadian 40:1-5
Yusuf tidak sendirian didalam penjara. Ada 2 orang tahanan lain yaitu juru minuman raja dan juru roti raja yang dipenjara bersama-sama dengan Yusuf. Mereka berdua bermimpi dan masing-masing memiliki arti yang berbeda. Pada akhirnya juru roti dihukum mati oleh raja sedangkan juru minuman mendapatkan jabatannya kembali.

Gambaran ini mirip dengan Yesus ketika disalib, dimana ada 2 orang hukuman yang disalib bersama dengan Yesus. Pada akhirnya, satu dari mereka mati masuk ke neraka sedangkan yang satu lagi meskipun mati tapi masuk ke Surga (kehidupan kekal karena percaya pada Yesus).

Matius 27:38 ; Lukas 23:39-43

6. Diangkat, ditinggikan, menerima semua kuasa dan disembah
Kejadian 40:39-41
(39) Kata Firaun kepada Yusuf: "Oleh karena Allah telah memberitahukan semuanya ini kepadamu, tidaklah ada orang yang demikian berakal budi dan bijaksana seperti engkau.
(40) Engkaulah menjadi kuasa atas istanaku, dan kepada perintahmu seluruh rakyatku akan taat; hanya takhta inilah kelebihanku dari padamu."
(41) Selanjutnya Firaun berkata kepada Yusuf: "Dengan ini aku melantik engkau menjadi kuasa atas seluruh tanah Mesir."

Pada akhirnya, Yusuf diangkat oleh Firaun menjadi tangan kanannya, menjadi orang kedua setelah Firaun! Semua kuasa atas Mesir diberikan pada Yusuf. 
Gambaran yang sama dengan Yesus bukan? Yesus dibangkitkan dan duduk di sebelah kanan Allah Bapa di Surga, segala kuasa di bumi dan di surga diberikan pada Yesus.
Dan sama seperti seluruh bangsa Mesir tunduk menyembah Yusuf, demikianlah nanti seluruh dunia pada suatu hari nanti akan sujud menyembah Yesus 

Filipi 2:8-11
8) Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.
(9) Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama,
(10) supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,
(11) dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!

7. Mempelai wanita bukan dari bangsa Yahudi
Kejadian 41:45 Firaun memberikan Asnat sebagai istri Yusuf. Asnat bukanlah seorang Yahudi, tapi dari bangsa Mesir
Di Perjanjian Baru, Yesus adalah mempelai pria, sedangkan mempelai wanitanya adalah gereja, yaitu orang-orang yang percaya pada nama Yesus, bukan hanya dari bangsa Yahudi tapi dari seluruh bangsa di bumi.

8. Rekonsiliasi Yusuf dan saudara-saudaranya
Kejadian 45:1-5, 14
Yusuf berbaikan dengan saudara-saudaranya. Pada waktu kunjungan pertama, saudara-saudaranya tidak mengenali bahwa orang yang berkuasa saat itu adalah Yusuf, saudaranya. Tapi pada waktu pertemuan yang kedua, akhirnya mereka mengenali Yusuf dan mereka bertangis-tangisan.
Seperti saudara-saudara Yusuf, Israel tidak mengenali Yesus pada waktu kedatanganNya yang pertama, yaitu sebagai manusia, tapi nanti pada waktu kedatanganNya yang kedua, mereka akan mengenaliNya.

9.  Rencana Allah untuk mendatangkan kebaikan
Kejadian 50:20
Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar.

Saudara-saudara Yusuf merancangkan yang jahat pada Yusuf tapi Yusuf melihatnya sebagai rencana Tuhan untuk mendatangkan kebaikan, untuk menyelamatkan hidup suatu bangsa yang besar! Bukankah ini gambaran Yesus yang luar biasa!! Israel mengkhianati Dia, membunuh Dia, tapi Tuhan melakukannya untuk mendatangkan kebaikan, untuk menyelamatkan banyak jiwa! Seluruh umat manusia!

Lihatlah kebaikan Yusuf pada saudara-saudaranya. Yusuf mencukupkan segala kebutuhan mereka berlimpah-limpah. Demikian juga yang akan terjadi pada bangsa Israel ketika kedatangan Yesus yang kedua, Paulus menuliskannya di Roma 11:12 "But if their transgression means riches for the world, and their loss means riches for the Gentiles, how much greater riches will their fullness bring!" (King James Version)

10. Anak kesayangan
Yusuf adalah anak kesayangan Yakub, anak yang paling dikasihinya.
Di Kitab Matius ditulis bahwa Yesus adalah Anak yang Kukasihi.

Yusuf adalah salah satu gambaran Yesus yang paling jelas di Perjanjian Lama. Dari kisah pengkhianatan oleh saudara-saudaranya, sampai pada hukuman penjara yang tidak sepatutnya dia terima, sampai kepada diangkatnya menjadi orang kedua di Mesir, sampai pada kisah rekonsiliasinya dengan saudara-saudaranya.


Sampai jumpa di bible study Alkitab berikutnya.
Jangan lupa klik tombol share di atas ya. makasih.





No comments: