Hal-hal kecil yang menarik di Alkitab part 3

1. Pernah baca kisah tentang orang kaya dan Lazarus yang miskin di Lukas 16? Yang akhirnya Lazarus masuk Surga duduk di pangkuan Abraham, sedangkan orang kaya masuk ke neraka. Nah... si orang kaya itu minta Lazarus untuk memperingatkan saudara-saudaranya yang di dunia supaya mereka tidak berakhir seperti dirinya. Berapa sih jumlah saudaranya?

2. Ananias dan Safira di Kisah Para Rasul 5 yang berusaha menipu Petrus dalam hal menjual tanah miliknya, dan mereka berdua akhirnya mati. Mereka matinya di hari yang sama lho, berapa jam selisihnya?

3. Saulus pada waktu matanya buta, tinggal di rumah siapakah? di jalan apakah? Kisah Para Rasul 9

4. Perempuan Samaria yang bertemu Yesus ketika sedang mengambil air di sumur, setelah selesai berbincang-bincang dengan Yesus, apakah dia jadi mengambil air atau tidak ya? Coba dicek di Yohanes 4


5. Jam berapakah Yesus disalibkan? (Markus 15:25)

6. Ketika Tuhan mendatangi Kain setelah dia membunuh adiknya, bagaimanakah wajahnya dan suasana hatinya? (Kejadian 4:6)

7. Waktu Elia melawan 450 nabi baal, mezbah dan lembu yang di atasnya disiram dengan air seberapa banyak? (1 Raja 18:34)

8. Petrus pernah memutuskan telinga kanan hamba Imam Besar pada waktu Yesus ditangkap. Siapa nama orang itu? (Yohanes 18:10)

9. Yang dipotong telinga kanan atau kiri ya?

10. Saul dan Daud diurapi menjadi raja oleh Samuel, lalu siapakah yang mengurapi Salomo menjadi raja? (1 Raja-raja 1:39)

11. Nuh adalah orang pertama di Alkitab yang mendirikan mezbah bagi Tuhan (Kejadian 8:20)

12. Bangsa Midian yang pernah menjadi musuh Israel pada jaman Gideon, mereka sebetulnya adalah keturunan dari Ketura, istri Abraham (Kejadian 25:1-4)

13. Paulus dalam perjalanannya ke Damsyik untuk menangkap orang-orang yang percaya pada Yesus mendengar suara dari langit, suara itu menggunakan bahasa Ibrani (Kisah Rasul 26:14)

14. Di Alkitab, yang pertama kali membangkitkan orang mati adalah Elia

15. Dan yang pertama kali di Alkitab menurunkan api dari langit adalah Elia juga

16. Tahukah kamu kalau istri Yusuf dan Musa bukanlah orang Israel?

17. Yunus ketika melarikan diri dari Tuhan, kapal yang ditumpanginya diterpa badai dan ia sedang tidur waktu terjadi badai itu. Dimanakah dia tidur waktu itu? (Yunus 1:5)

18. Tahukah kamu kalau Nabi Yesaya itu pernah berjalan telanjang dan tidak berkasut (telanjang kaki) selama 3 tahun? Baca di Yesaya 20:3

19. Kitab apakah satu-satunya dalam Alkitab yang mengatakan bahwa Allah tertawa? Kitab Mazmur. Coba lihat di Mazmur 2:4; 37:13; 59:9.

20. Firaun adalah raja yang pertama kali merayakan ulang tahunnya dalam Alkitab, baca di Kejadian 40:20

21. Kita tentunya sudah tahu tentang mimpi Firaun yang membawa Yusuf akhirnya keluar dari penjara dan diangkat menjadi orang kedua di Mesir. Tapi sebetulnya mimpi yang pertama kali disebutkan di Alkitab adalah mimpi Abimelekh di Kejadian 20:3-7. Apa sih mimpinya?

22. Orang Kristen yang pertama kali mati syahid adalah Stefanus (Kisah Rasul 6:8-8:2) sedangkan Rasul yang pertama kali mati syahid adalah Yakobus (Kisah Rasul 12:1-2)

23. Rasul Paulus memulai perjalanan pemberitaan Injilnya ditemani oleh Barnabas. Dan teman seperjalanannya yang kedua adalah Silas

24. Hawa itu perempuan pertama yang disebutkan di Alkitab. Tahukah kamu siapakah perempuan yang kedua yang disebutkan di Alkitab? (Kejadian 4:17)

25. Ular yang di taman Eden adalah binatang pertama dalam Alkitab yang dapat berbicara. Apakah binatang yang kedua yang dapat berbicara? (Bilangan 22:28-30)


Sampai jumpa di bible trivia Alkitab berikutnya.
Jangan lupa klik tombol share di atas ya. makasih.


No comments: