Mimpi dalam Alkitab

Kita sering dengar dan baca Alkitab tentang orang-orang yang bermimpi. Ternyata ada 21 mimpi yang tercatat di Alkitab. Dimana ceritanya tertulis? Siapa aja yang bermimpi? Tentang apa mimpinya? Yuk mari kita belajar lebih jelas lagi
Mimpi yang tercatat di kitab Kejadian adalah
1. Kejadian 20, pemimpinya adalah Abimelekh
Tuhan menghentikan Abimelekh, Raja Gerar, dari niatnya untuk menjamah Sara. Pada waktu itu, Abraham mengakui Sara sebagai saudaranya, bukan sebagai istrinya. Dan Abimelekh tertarik dengan Sara. Sebelum Abimelekh berbuat dosa, Tuhan menghentikannya melalui mimpi. 


2.  Kejadian 28, pemimpinya adalah Yakub
Pada waktu itu Yakub melarikan diri dari Esau, setelah dia berhasil mencuri berkat Esau dari Yakub, ayah mereka. Ketika sampai di Betel, Yakub bermimpi pada suatu malam ketika dia sedang tidur. Dalam mimpi itu, Tuhan menyatakan diriNya sebagai Tuhan dan memberikan janji bahwa Yakub akan mewarisi negeri itu dan mendapatkan keturunan yang sangat banyak. Keturunannya akan menjadi berkat bagi seluruh kaum di muka bumi. Tuhan juga berjanji bahwa Dia akan selalu menyertai dan melindungi Yakub kemanapun dia pergi.

3. Kejadian 31:10-11, pemimpinya adalah Yakub
Ketika itu Yakub tinggal di rumah Laban, pamannya. Allah membantu Yakub untuk memperoleh ternak yang banyak, meskipun dia dicurangi oleh Laban. Dan Allah menyuruh Yakub untuk pergi dari sana, kembali ke tempat ayahnya.

4. Kejadian 31:24, pemimpinya adalah Laban
Setelah Yakub pergi dari rumah Laban dengan membawa banyak ternak, Laban beserta rombongan sanak keluarganya mengejar Yakub. Tapi pada suatu malam, ketika Laban berhasil menyusul Yakub, Allah menghentikan usaha Laban itu lewat sebuah mimpi. Allah berpesan pada Laban supaya Laban tidak mengatai Yakub sepatah katapun. 

5 dan 6. Kejadian 37, pemimpinya adalah Yusuf
Mimpi kelima dan keenam yang tercatat di kitab Kejadian adalah mimpi Yusuf. Dia bermimpi, berkas gandum milik saudara-saudaranya menyembah berkas gandum Yusuf. Kemudian dia bermimpi lagi, matahari, bulan dan kesebelas bintang sujud menyembah kepada Yusuf. 

7 dan 8. Kejadian 40, pemimpinya adalah juru minuman dan juru roti raja Mesir
Mimpi ketujuh dan kedelapan yang tercatat di kitab Kejadian adalah mimpi juru minuman dan juru roti raja Mesir yang dipenjara bersama dengan Yusuf. Yusuf pun mengartikan mimpi mereka dan tiga hari kemudian terjadilah, tepat seperti yang dikatakan oleh Yusuf. 

9 dan 10. Kejadian 41, pemimpinya adalah Firaun
Mimpi kesembilan dan kesepuluh adalah mimpi Firaun. Tuhan memberitahu Firaun akan ada masa kritis dimana seluruh dunia dilanda oleh kelaparan. Dan lewat mimpi itu Tuhan menempatkan Yusuf sebagai orang kedua di Mesir. 

Mimpi yang tercatat di kitab Hakim-hakim adalah
1. Hakim 7:13, seorang pria tidak disebutkan namanya
Pada waktu itu Israel dijajah oleh bangsa Midian, dan Gideon dipanggil Tuhan untuk mengalahkan bangsa Midian. Tuhan berulang kali menguatkan iman Gideon melalui beberapa tanda, sampai akhirnya tanda terakhir adalah Gideon mendengar seorang pria dari bangsa Midian menceritakan mimpinya kepada temannya. Mimpi yang memberitahukan bagaimana bangsa Midian akan dikalahkan oleh bangsa Israel yang dipimpin oleh Gideon.

Mimpi yang tercatat di kitab 1 Raja-raja adalah
1. 1 Raja-raja 3:5, pemimpinya adalah Salomo
Setelah Salomo diurapi menjadi Raja, dia berdoa memohon hikmat pada Tuhan. Dan Tuhan menyatakan diri melalui mimpi pada waktu malam.

Mimpi yang tercatat di kitab Daniel adalah
1. Daniel 2, pemimpinya adalah Raja Nebukadnezar
Nebukadnezar bermimpi pada suatu malam di tahun kedua dia memerintah, dan mimpinya itu membuat hatinya gelisah dan tidak dapat tidur. Mimpinya adalah tentang patung yang besar sekali yang bagian-bagian tubuhnya terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Yang dapat mengartikan mimpinya itu adalah Daniel. 

2. Daniel 4, pemimpinya adalah Raja Nebukadnezar
Nebukadnezar mendapatkan mimpi lagi yang mengelisahkan hatinya. Mimpinya adalah tentang sebuah pohon yang sangat tinggi, besar dan kuat, dan dapat dilihat sampai ke ujung seluruh bumi. Sampai suatu kali seorang kudus turun dari langit dan menebang pohon itu. Daniel pun mengartikan mimpi itu dan terjadilah dua belas bulan kemudian, seperti yang dikatakan oleh Daniel.

3. Daniel 7, pemimpinya adalah Daniel
Daniel bermimpi pada tahun pertama pemerintahan Raja Belsyazar, dan Daniel menuliskan mimpinya itu. Mimpinya adalah tentang empat binatang yang mengerikan. 

Mimpi yang tercatat di kitab Matius adalah
1. Matius 1:12, pemimpinya orang-orang Majus
Orang-orang Majus dari Timur setelah datang menyembah Yesus, Tuhan memperingati mereka lewat sebuah mimpi untuk tidak menghadap Herodes, sehingga mereka akhirnya pulang melalui jalan lain.

2. Matius 1:20, pemimpinya adalah Yusuf, suami Maria, ibu Yesus
Pada waktu itu Yusuf berniat menceraikan Maria secara diam-diam. Tapi Tuhan mencegahnya lewat mimpi pada waktu malam. Dalam mimpi itu Tuhan memberitahu Yusuf bahwa Maria akan melahirkan Yesus, juru selamat dunia.

3. Matius 2:13, pemimpinya adalah Yusuf, suami Maria, ibu Yesus
Tuhan menuntun Yusuf melalui mimpi untuk melarikan diri ke Mesir, menghindari pembantaian bayi-bayi oleh Raja Herodes. 

4 dan 5. Matius 2:19-23, pemimpinya adalah Yusuf, suami Maria, ibu Yesus
Tuhan memberitahu Yusuf melalui mimpi untuk kembali ke Israel. Mereka pun tinggal di Nazareth, daerah Galilea, mengikuti petunjuk Tuhan melalui mimpi kepada Yusuf.

6. Matius 27, pemimpinya adalah istri Pontius Pilatus
Tuhan memperingatkan Pontius Pilatus melalui istrinya, supaya dia tidak ikut campur dalam pengadilan Yesus.

serba serbi Alkitab - mimpi dalam Alkitab

Dari semua mimpi itu, jelas terlihat ada empat Raja yang mendapatkan mimpi yaitu Raja Abimelekh, Firaun, Salomo, dan Nebukadnezar. Satu orang pemimpi adalah perempuan yaitu istri Pontius Pilatus. Dan ada dua nama Yusuf, yaitu Yusuf di kitab Kejadian dan Yusuf di kitab Matius.

Yusuf, suami Maria, ibu Yesus paling banyak mendapatkan mimpi, yaitu sebanyak empat kali. Dan semuanya berkaitan dengan tuntunan Allah untuk melindungi bayi Yesus. 

Tuhan seringkali menunjukkan campur tanganNya melalui mimpi, melindungi orang-orang pilihanNya dari malapetaka dengan cara yang unik. Misalnya melindungi Yakub dari Laban dengan memberikan mimpi kepada Laban. Melindungi Abraham dan Sara dengan memberikan mimpi kepada Raja Abimelekh.



No comments: