Permainan kata bagian 5


KUIS ALKITAB

Di bawah ini ada kata-kata dalam Alkitab yang bunyinya mirip. Cuman beda 1-2 huruf. Jumlah huruf di tiap satu katanya sama dengan jumlah _ Sedangkan pertanyaan a adalah pertanyaan untuk kata pertama pertanyaan b adalah pertanyaan untuk kata kedua No 1 dibuat sebagai contoh. Coba tebak deh apa kata yang dimaksud....

1. TOMBAK – ROMBAK
a. Senjata panjang ujungnya runcing, umum dipakai oleh tentara Romawi
b. Yesus pernah bilang bahwa Ia sanggup me … Bait Suci dalam waktu 3 hari 

2. _ _ _ _ _ - _ _ _ _ _
a. Lot punya dua anak perempuan dan calon menantu, ketika Lot mengajak kedua calon menantunya untuk pergi dari kota itu karena akan dihancurkan oleh Tuhan, mereka tidak percaya pada Lot. Kata lain dari calon.
b. Yesus melihat murid-muridNya kepayahan mendayung perahu mereka karena diombang-ambingkan oleh angin ini sehingga Yesus mendatangi mereka dengan berjalan di atas air. Angin apa itu?

3. _ _ _ _ _ _ _ - _ _ _ _ _ _ _ 
a. Yesus mengumpamakan kita sebagai domba dan diriNya sebagai ....
b. Tubal-Kain adalah bapa segala tukang besi dan tukang ....


4. _ _ _ _ _ - _ _ _ _ _ _ 
a. Petrus pernah berjalan di atas air tetapi ketika dia mulai merasakan tiupan ..., ia mulai takut dan tenggelam sehingga dia meminta tolong pada Yesus. 
b. Selama bumi masih ada, takkan berhenti-henti musim menabur dan menuai, ... dan panas, kemarau dan hujan, siang dan malam. (Kejadian 8:22)    

5. _ _ _ _ _ _ _ - _ _ _ _ _ _ _ 
a. Tuhan menyuruh Nuh membuat ini untuk menyelamatkan Nuh dan keluarganya dari air bah.
b. Pada waktu malam Yesus ditangkap, Yudas bersama prajurit-prajurit mendatangi Yesus dengan membawa ..., suluh dan senjata (Yohanes 18:3)

6. _ _ _ _ _ - _ _ _ _ _
a. Ketika Musa ... dari gunung Sinai dengan membawa dua loh batu bertuliskan 10 perintah Allah, dia tidak tahu bahwa kulit mukanya bercahaya (Keluaran 34:29)
b. Ketika Hagar diusir oleh Sara, Abraham membekali dia dengan roti dan sekirbat air. Hagar dan Ismael akhirnya menggembara di padang ... Bersyeba (Kejadian 21:14)

7. _ _ _ _ _ - _ _ _ _ _
a. Satuan ukur yang sering dipakai di Alkitab. Bahtera Nuh, Bait Suci pada jaman Musa menggunakan satuan ukur ini
b. Abraham dan Lot sangat diberkati Tuhan sehingga mereka tidak dapat tinggal bersama dalam suatu negeri karena ... nya sangat banyak.

8. _ _ _ _ _ - _ _ _ _ _
a. Pasukan Gideon diseleksi Tuhan lewat cara mereka meng... air (Hakim-hakim 7)
b. Yesus menyatakan diriNya kepada murid-muridNya, "Akulah jalan dan kebenaran dan ... Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepada Bapa kalau tidak melalui Aku" 

9. _ _ _ _ _ - _ _ _ _ _
a. Sebelum Yesus dicobai oleh iblis, Dia ber... selama empat puluh hari empat puluh malam.
b. "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka ber... atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi." (Kejadian 1:26)

10. _ _ _ _ _ - _ _ _ _ _
a. Yesus memberi .... lima ribu orang hanya dengan lima roti dan dua ikan yang diberkati dan dilimpatgandakan sehingga bersisa dua belas keranjang
b. Dekat tempat di mana Yesus disalibkan ada suatu taman dan dalam taman itu ada suatu kubur baru yang di dalamnya belum pernah di...kan seseorang (Yohanes 19:41)

11. _ _ _ _ _ - _ _ _ _ _
a. Bukankah burung pipit dijual dua ekor seduit? Namun seekorpun dari padanya tidak akan ... ke bumi di luar kehendak Bapamu (Matius 10:29)
b. .....ilah perintah raja demi sumpahmu kepada Allah (Pengkhotbah 8:2) 

12. _ _ _ _ - _ _ _ _ _ 
a. Perempuan yang menderita pendarahan selama 12 tahun dan akhirnya sembuh karena dia menjamah jubah Yesus, dia telah berulang-ulang di....i oleh berbagai tabib, sehingga telah dihabiskannya semua yang ada padanya, namun sama sekali tidak ada faedahnya malah sebaliknya keadaannya makin memburuk. 
b. Ber....lah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat! 

13. _ _ _ _ _ _ _ - _ _ _ _ _ _ _
a. Petrus menyembuhkan seorang lumpuh sejak lahir dengan satu kalimat yang sangat terkenal, "Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah!" Peristiwa ini terjadi di dekat pintu .... Bait Allah yang bernama .... Indah.
b. Untuk mengecek apakah air bah sudah surut, Nuh melepaskan seekor burung gagak dan burung itu ..... pulang pergi sampai air itu kering dari atas bumi.

14. _ _ _ _ _ - _ _ _ _ _
a. Yesus berkata, "Bukan orang sehat yang memerlukan ....., tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."
b. Ketika Yesus mati, terjadilah gempa bumi dan bukit-bukit batu terbelah, .... Bait Suci terbelah jadi dua dari atas ke bawah




15. _ _ _ _ - _ _ _ _
a. Di Markus 9:44 neraka adalah tempat dimana apinya tidak akan padam dan ..... nya tidak akan mati
b. .... penampi sudah ditangan-Nya. Ia akan membersihkan tempat pengirikan-Nya dan mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung, tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan (Matius 3:12)

16. _ _ _ _ _ _ - _ _ _ _ _ _
a. Perintah keenam dalam sepuluh perintah Allah adalah ..... membunuh
b. Ketika Abraham akan mengorbankan Ishak, Allah menghentikannya dan mengganti korban persembahannya dengan seekor domba ..... yang tanduknya tersangkut di belukar.

17. _ _ _ _ _ _ _ - _ _ _ _ _ _ _
a. Di Perjanjian Lama, ketika orang-orang ingin berkomunikasi dengan Tuhan, mereka biasanya memberikan korban persembahan dalam bentuk korban ..... di atas mezbah
b. Berilah dan kamu akan diberi: suatu ...... yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu (Lukas 6:38)

18. _ _ _ _ - _ _ _ _
a. Aku tidak akan menghalau mereka dari depanmu dalam satu tahun, supaya negeri itu jangan menjadi ....., dan segala binatang hutan jangan bertambah banyak melebihi engkau (Keluaran 23:29)
b. Tuhan sangat memberkati Abraham sehingga dia menjadi orang yang sangat kaya, dia memiliki kambing domba dan lembu ......, emas dan perak, budak laki-laki dan perempuan, unta dan keledai.

19. _ _ _ _ _ - _ _ _ _ _
a. Salah satu perumpamaan Yesus tentang Kerajaan Sorga adalah tentang sepuluh ..... yang membawa pelita untuk menyongsong mempelai laki-laki. Lima diantaranya bijak karena mereka membawa persediaan minyak, sedangkan lima lainnya bodoh.
b. Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai ..... akhir dan aku telah memelihara iman (2 Timotius 4:7)


20. _ _ _ _ _ - _ _ _ _ _
a. Jadi berdirilah ...., berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan (Efesus 6:14)
b. Janganlah ...... tengkuk seperti nenek moyangmu. Serahkanlah dirimu kepada TUHAN (2 Tawarikh 30:8)  

21. _ _ _ _ _ _ - _ _ _ _ _ _
a. Ketika aku meneliti segala pekerjaan yang telah dilakukan tanganku dan segala usaha yang telah kulakukan untuk itu dengan jerih payah, lihatlah, segala sesuatu adalah kesia-siaan dan usaha men........ angin; memang tak ada keuntungan di bawah matahari (Pengkhotbah 2:11)
b. Sebab maju menyerang negeriku suatu bangsa yang kuat dan tidak terbilang banyaknya; giginya bagaikan gigi singa, dan .......nya bagaikan ........singa betina (Yoel 1:6) 

22. _ _ _ _ _ - _ _ _ _ _
a. Di Lukas 13 Yesus menyembuhkan seorang perempuan yang telah delapan belas tahun dirasuk roh sehingga ia sakit sampai bungkuk punggungnya dan tidak dapat berdiri lagi dengan ......
b. Di Matius 9 Yesus menyembuhkan dua orang yang buta dan setelah menyembuhkannya Yesus dengan ..... berpesan supaya mereka tidak bercerita pada siapapun juga tapi mereka justru memasyurkan namaNya ke seluruh daerah itu.

23. _ _ _ _ _ _ - _ _ _ _ _ _
a. Hati raja seperti ......... air di dalam tangan TUHAN, dialirkan-Nya ke mana Ia ingini (Amsal 21:1)     
b. Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah ......, ia melahirkan maut (Yakobus 1:15)  

24. _ _ _ _ - _ _ _ _
a. Lagipula, anakku, waspadalah! Membuat banyak ..... tak akan ada akhirnya, dan banyak belajar melelahkan badan (Pengkhotbah 12:12)
b. Esau dan Yakub adalah saudara kembar, yang membedakan mereka adalah Esau kulitnya ber.... sedangkan Yakub kulitnya licin. 

25. _ _ _ _ - _ _ _ _
a. Istri Potifar menggoda Yusuf, memegang .... Yusuf dan mengajaknya tidur. Tapi Yusuf meninggalkan ....nya itu dan lari ke luar.
b. Kesepuluh pengintai Israel setelah pulang dari tanah Kanaan memberitakan hal-hal yang buruk tapi Kaleb berkata, "Tidak! Kita akan ..... dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya!"    

26. _ _ _ _ _ - _ _ _ _ _ 
a. Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban ....., Aku akan memberi kelegaan kepadamu (Matius 11:28)  
b. Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat; haruslah di..... kulit khatanmu dan itulah akan menjadi tanda perjanjian antara Aku dan kamu. 

27. _ _ _ _ _ _ _ - _ _ _ _ _ _ _
a. Setelah Yudas Iskariot gantung diri, murid Yesus jumlahnya berapa?
b. Yesus disalib di antara dua penyamun, di ...... kanan dan kiriNya.

28. _ _ _ _ - _ _ _ _ 
a. Stefanus, martir pertama dilempari .... sampai mati
b. Daud mengalahkan Goliat hanya dengan .... batu padahal Daud membawa lima batu di dalam kantung gembala yang dibawanya

29. _ _ _ _ _ - _ _ _ _ _
a. Binatang yang disebutkan di Kidung Agung 2:15 yang merusak kebun anggur yang sedang berbunga
b. Walau seribu orang ...... di sisimu, dan sepuluh ribu di sebelah kananmu, tetapi itu tidak akan menimpamu (Mazmur 91:7)  

30. _ _ _ _ _ - _ _ _ _ _
a. Allah menciptakan langit dan bumi selama enam hari dan Ia beristirahat pada hari yang ke .....
b. Bukankah cawan pengucapan syukur, yang atasnya kita ucapkan syukur, adalah persekutuan dengan darah Kristus? Bukankah roti yang kita pecah-pecahkan adalah persekutuan dengan ...... Kristus?    

Seru kan permainan Alkitab (kuis Alkitab) nya? 

jangan lupa klik tombol share di atas ya, makasih.
permainan kata kuis Alkitab yang lain bisa dilihat di 
bagian 1 
bagian 2
bagian 3
bagian 4
kunci jawaban

Bakal-sakal; gembala-tembaga; angin-dingin; bahtera-lentera; turun-gurun; hasta-harta; hirup-hidup; kuasa-puasa; makan-makam; jatuh-patuh;  obat-tobat; gerbang-terbang; tabib-tabir; ulat-alat; jangan-jantan; Bakaran-takaran; sepi-sapi; gadis-garis; tegar-tegap; jaring-taring; tegak-tegas; batang-matang; buku-bulu; baju-maju; berat-kerat; sebelas-sebelah; satu-batu; rubah-rebah; tujuh-tubuh
        

No comments: