Trivia Alkitab - 12 murid Yesus

Trivia Alkitab kali ini kita akan mencari tahu tentang 12 murid Yesus. Siapa saja sih mereka dan bagaimana sepak terjang mereka yang tertulis di Alkitab?

Siapa nama 12 murid Yesus?
di Lukas 6:12-16 disebutkan nama-nama 12 murid Yesus
1.   Simon, yang disebut Petrus
2.   Andreas, saudara Simon Petrus
3.   Yohanes
4.   Yakobus
5.   Filipus
6.   Bartolomeus atau Natanael menurut Yohanes 1:35-51
7.   Matius, mantan pemungut cukai
8.   Tomas, yang disebut Didimus
9.   Yakobus, anak Alfeus
10. Simon orang Zelot
11. Yudas atau Tadeus anak Yakobus
12. Yudas Iskariot yang kemudian digantikan oleh Matias
baca juga Matius 10:1-4 dan Markus 3:13-19

Sepak terjang mereka yang tercatat di Alkitab
How well do you know about 12 apostles?

1.   Ada dua pasang murid Yesus yang bersaudara kandung yaitu Yakobus dan Yohanes, Petrus dan Andreas
2.   Yang mengajak Petrus bertemu Yesus adalah Andreas, saudaranya (Yohanes 1:41)
3.   Yang mengajak Bartolomeus atau Natanael bertemu Yesus adalah Filipus (Yohanes 1:45)
4.   Siapakah murid Yesus yang dapat berjalan di atas air? (Matius 14:25-31)
5.   Siapakah murid Yesus yang mantan pemungut cukai?
6. Siapakah yang memotong telinga seorang hamba Imam Besar ketika Yesus ditangkap di taman Getsemani? (Yohanes 18:10)
7.   Pada waktu Yesus didatangi oleh 5000 orang dan Yesus ingin memberi mereka makan, Yesus bertanya kepada salah seorang muridNya, dimanakah kita membeli roti supaya mereka dapat makan? Yesus bertanya pada siapakah itu? (Yohanes 6:5)
8.   Dan setelah itu, Andreas lah yang memberikan info bahwa ada seorang anak yang membawa 5 roti dan 2 ikan
9.   Yesus pernah menyembuhkan ibu mertua dari salah seorang muridNya, ibu mertua siapa? (Matius 8:14)
10. Siapakah yang membaptis Kornelius, seorang perwira Roma? (Kisah Rasul 10:23-48)
11. Siapakah yang memberitakan tentang Mesias ke sebuah kota di Samaria dan kemudian membaptis Simon, seorang tukang sihir yang tinggal di sana? (Kisah Rasul 8:5)
12. Dua orang murid Yesus ini disidang oleh mahkamah agama dan mereka membuat semua orang di sidang itu heran melihat keberanian mereka dan mengetahui bahwa keduanya hanya orang biasa yang tidak terpelajar yang mengikut Yesus. Siapakah mereka? (Kisah Rasul 4:1-22)



13. Siapakah murid Yesus yang mati martir pertama kali? Dibunuh dengan pedang oleh Raja Herodes (Kisah Rasul 12:2)
14. Yohanes, murid yang dikasihiNya yang bersandar pada dada Yesus, adalah seorang yang berkata pada Yesus, siap untuk menurunkan api dari langit untuk membinasakan penduduk Samaria yang telah menolak Yesus (Lukas 9:52-54)
15. Siapakah yang memberitakan Injil kepada seorang sida-sida dari Etiopia yang sedang berada di kereta dalam perjalanan pulang dari Yerusalem untuk beribadah dan sedang membaca kitab Yesaya? (Kisah Rasul 8:26-40)
16. Siapakah yang menyembuhkan seorang lumpuh sejak lahir yang mengemis di pintu gerbang Bait Allah? Kata-katanya yang terkenal adalah emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai kuberikan kepadamu: demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah! (Kisah Rasul 3:1-10)
17. Siapakah yang meminta tempat khusus bagi mereka kelak dalam Kerajaan Yesus? (Markus 10:35-40)
18. Siapakah yang meminta kepada Yesus untuk menunjukkan Bapa kepada mereka, para muridNya? (Yohanes 14:8)
19. Siapakah yang mengkritik seorang perempuan yang datang mengurapi kaki Yesus dengan minyak wangi yang mahal? (Yohanes 12:3-5)
20. Setelah Yesus bangkit, Yesus menampakkan diri kepada murid-muridNya tapi ada seorang murid yang tidak hadir pada waktu itu? Siapakah dia? (Yohanes 20:24)
21. Siapakah yang menanyakan kepada Yesus alasanNya menyatakan diri kepada para muridNya saja, dan bukan kepada dunia? (Yohanes 14:22)
22. Kepada siapakah Yesus berkata sampai tiga kali, gembalakanlah domba-dombaKu? (Yohanes 21:15-19)
23. Siapakah yang melaporkan kepada Yesus bahwa ia telah melihat seorang yang bukan pengikut Yesus mengusir setan demi nama Yesus? (Markus 9:38)
24. Siapakah yang menolak kakinya dibasuh oleh Yesus? (Yohanes 13:4-8)
25. Siapakah yang menegur Ananias dan Safira, suami istri yang mempersembahkan uang dan akhirnya mati karena menipu? (Kisah Rasul 5:1-11)
26. Yesus memberi nama lain untuk Yakobus dan Yohanes, yang artinya anak-anak guruh, apakah namanya? (Markus 3:17) 
27. Siapakah yang menggantikan Yudas Iskariot? (Kisah Rasul 1:23-26)
28. Siapakah murid yang berkata, sebelum aku melihat bekas paku pada tanganNya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambungNya, sekali-kali aku tidak akan percaya? (Yohanes 20:25)
29. Pada hari Yesus bangkit, Maria Magdalena yang melihat kubur Yesus kosong, ia berlari memberitahukan hal ini kepada dua orang murid Yesus, siapakah mereka? (Yohanes 20:2)
30. Kedua murid itu berlari bersama-sama, tetapi yang satu larinya lebih cepat dan lebih dahulu sampai di kubur, siapakah dia? (Yohanes 20:4)
31. Ketika Yesus ditangkap, semua muridNya melarikan diri, tapi ada dua orang murid yang tetap mengikuti Yesus dengan sembunyi-sembunyi, siapakah mereka? (Yohanes 18:15)
32. Salah seorang di antara mereka akhirnya menyangkal mengenal Yesus sebanyak tiga kali sebelum ayam jantan berkokok, siapakah dia? (Yohanes 18:27)
33. Ketika Yesus disalib, Yesus menitipkan ibunya, Maria, kepada salah seorang muridNya yang berdiri di sebelah Maria, siapakah dia? (Yohanes 19:26-27)
34. Ketika Yesus diberitahu orang bahwa Lazarus mati, Yesus baru berangkat ke rumah Lazarus dua hari kemudian. Seorang muridNya berkata kepada murid-muridNya yang lain, marilah kita pergi juga untuk mati bersama-sama dengan Dia. Siapakah murid itu? (Yohanes 11:16)
35. Ketika Yesus dimuliakan di atas gunung, Yesus mengajak tiga orang muridNya untuk menemaniNya, siapakah mereka? (Matius 17:1-13)
36. Ketika Yesus di taman Getsemani, dia menyuruh murid-muridNya menunggu di suatu tempat sementara Yesus berdoa. Yesus mengajak tiga orang muridNya untuk menemaniNya dan mereka malah tertidur ketika Yesus berdoa, siapakah mereka? (Markus 14:32-42)
37. Ketika Yesus membangkitkan anak perempuan Yairus, kepala rumah ibadat, Yesus tidak memperbolehkan seorangpun ikut masuk ke rumah Yairus, kecuali ayah dan ibu anak itu, beserta tiga orang muridNya. Siapakah tiga murid yang diajak Yesus masuk itu? (Lukas 8:51)
38. Ketika Yesus menceritakan tentang rumah BapaNya yang banyak tempat tinggal dan akan mengajak murid-muridNya tinggal di sana, seorang muridNya bertanya pada Yesus, Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ? Siapa murid yang bertanya itu? (Yohanes 14:5)
39. Petrus, Andreas dan Filipus itu berasal dari kota yang sama yaitu Betsaida (Yohanes 1:44)
40. Siapakah yang membangkitkan tabita atau dorkas? (Kisah Rasul 9:40)
41. Di Yohanes 1:35-40, Yohanes Pembaptis sedang berdiri bersama dua orang muridnya dan melihat Yesus lewat kemudian Yohanes Pembaptis berkata lihatlah Anak Domba Allah. Kedua murid Yohanes Pembaptis itu kemudian mengikuti Yesus. Salah seorangnya adalah Andreas, jadi Andreas, saudara Petrus, murid Yesus itu dulunya adalah pengikut Yohanes Pembaptis.
42. Yesus menyuruh 2 orang muridNya untuk mempersiapkan Perjamuan Malam terakhir dimana Yesus memecahkan roti dan minum anggur. Siapakah mereka? (Lukas 22:8)
43. Di Perjamuan Malam itu, Yesus menyebutkan bahwa seorang di antara mereka akan menyerahkan Yesus. Kemudian Petrus memberi isyarat pada Yohanes yang duduk di dekat Yesus, di sebelah kananNya dan bersandar dekat kepadaNya. Yohanes bertanya pada Yesus, siapa yang dimaksud oleh Yesus itu.
44. Nama bapaknya Yudas adalah Simon Iskariot (Yohanes 13:26)
45. Ketika Yesus dimintai pajak oleh pemungut pajak di Bait Allah, Yesus menyuruh Petrus untuk memancing ikan di danau dan menemukan uang 4 dirham untuk membayar pajak untuk Yesus dan Petrus (Matius 17:24-27) 
46. Pengganti Yudas Iskariot adalah Matias, dipilih dengan cara membuang undi dari dua orang kandidat. Kandidat yang lain bernama Yusuf yang disebut Barsabas dan yang juga bernama Yustus (Kisah Rasul 1:23)

Bagaimana mereka mati?
Menurut Alkitab
1. Yakobus dibunuh dengan pedang oleh Raja Herodes, murid Yesus yang mati martir pertama kali (Kisah Rasul 12:2)
2. Yohanes dibuang di pulau Patmos, mati tua di sana, satu-satunya murid Yesus yang tidak mati martir
3. Yudas Iskariot, bunuh diri dengan menggantung dirinya sendiri

Menurut sejarah gereja 
1. Andreas mati disalib dengan kayu salib berbentuk X di Yunani
2. Bartolomeus atau Natanael, dikuliti hidup-hidup dengan pisau
3. Yakobus, anak Alfeus, digergaji, di Mesir
4. Yudas atau Tadeus, dibunuh dengan panah
5. Matius mati martir di Etiopia
6. Petrus, disalib terbalik (kepala di bawah) di Roma
7. Filipus, digantung
8. Tomas, dibunuh dengan tombak
9. Simon orang Zelot, mati martir


Sampai jumpa di bible trivia Alkitab berikutnya.
Jangan lupa klik tombol share di atas ya. makasih.



No comments: