Baca Alkitabmu lebih teliti

bible icebreaker

Tentunya kita sudah tahu dan hafal banyak sekali cerita di Alkitab tapi kadang-kadang ada hal-hal kecil yang terlewat. Yuk kita bikin permainan / icebreaker nya (kuis Alkitab) yuk...

Cara bermain:
- bagi peserta kedalam kelompok (bila pesertanya banyak)
- masing-masing kelompok harus memiliki Alkitab, boleh Alkitab online atau aplikasi jadi peserta boleh menggunakan menu search
- bacakan soal per nomor, minta peserta mencari jawabannya di Alkitab.
- peserta yang sudah berhasil menemukan jawabannya harus segera berlari ke pemimpin permainan dan membawa Alkitab nya kemudian membacakannya dengan lantang
- lanjutkan ke soal berikutnya
- pemenangnya adalah yang paling banyak menemukan ayat dengan benar


Dibawah ini ada kuis Alkitab tentang sesuatu yang mungkin sering terlewat dari perhatian kita ketika kita membaca Alkitab. Pertanyaan di bawah ini diambil dari cerita Alkitab yang sering kita dengar. Buka Alkitabmu dan carilah jawabannya.

Hal unik dan menarik di Alkitab
1. Tahu ya Firman Tuhan tentang tampar menampar pipi. Jika kita ditampar pipi yang sebelah, berikanlah pipi yang sebelahnya. Yang ditampar lebih dulu pipi yang sebelah mana?
2. Tahu kan keledai Bileam yang bisa ngomong itu? Nah, keledainya itu jantan atau betina?
3. Yesus pernah diurapi rambutnya dengan minyak yang harganya mahal oleh seorang perempuan. Waktu itu Yesus sedang diundang makan di rumah siapakah?
4. Mujizat Yesus yang pertama adalah mengubah air menjadi anggur. Ada berapa tempayan air yang diubah menjadi anggur?
5. Ayub setelah mengalami segala kehilangan dan sakit yang parah akhirnya dipulihkan Tuhan. Coba hitung jumlah semua ternak Ayub setelah dipulihkan
6. Yesus memberi makan 5000 orang dengan 5 roti dan 2 ikan. Yang bawa 5 roti dan 2 ikan itu siapa dan gimana caranya bisa sampai ke tangan Yesus?
7. Setelah selesai makan, murid-muridNya mengumpulkan sisanya ternyata ada 12 bakul. Roti apa? Cari di Yohanes ya
8. Apa teguran yang diberikan Tuhan pada jemaat di Tiatira yang tertulis di kitab Wahyu?
9. Petrus pernah berjalan di atas air. Waktu itu kejadiannya jam berapa sih?
10. Tahu Boas kan? Boas yang menolong Rut dan akhirnya menjadi suaminya. Dan akhirnya mereka mempunyai anak bernama Obed. Trus Obed punya anak, namanya Isai. Trus Isai punya anak yang adalah Daud. Pasti pada tahu ya? Tapi tahu gak kalo Boas itu adalah anaknya Rahab, perempuan Kanaan yang menolong 2 pengintai Yosua. Rahab melahirkan Boas, suaminya siapa namanya? Cari di Matius ya.
11. Bagaimana caranya Tuhan membelah laut Teberau waktu Musa dan bangsa Israel dikepung oleh tentara Mesir ketika keluar dari tanah Mesir?
12. Air bah pada jaman Nuh itu berapa lama ada di muka bumi?
13. Yesus pernah ngobrol dengan seorang perempuan Samaria di sebuah sumur di kota Samaria. Sumur siapa itu? 
14. Daud mengalahkan Goliat dengan menggunakan ketapel dan batu. Waktu Daud maju melawan Goliat, Daud bawa berapa batu?
15. Kekuatan Simson terletak di rambutnya, makanya rambutnya tidak boleh dipotong. Tapi trus akhirnya Simson luluh oleh Delila dan rambutnya berhasil dipotong. Waktu Simson dibotaki, dia sedang tidur. Dimanakah tidurnya?
16. Petrus pernah memotong telinga seorang hamba Imam Besar ketika Yesus ditangkap. Yang dipotong telinga kanan atau kiri?
17. Waktu Musa lahir, sedang terjadi pembunuhan bayi yang baru lahir. Musa disembunyikan berapa lama oleh ibunya sebelum akhirnya disimpan di sungai Nil?
18. Sadrakh, Mesakh dan Abednego sebetulnya bukanlah nama asli mereka. Siapa nama asli mereka?
19. Henokh berumur berapa ketika diangkat oleh Tuhan?
20. Ananias dan Safira, pasangan suami-istri yang menipu rasul-rasul tentang penjualan tanah pada akhirnya mati pada hari yang sama. Berapa jam selisihnya?
21. Saulus pada waktu matanya buta, dia tinggal di rumah siapa, di jalan apa?
22. Bagaimana caranya Tuhan mendatangkan tulah nyamuk di tanah Mesir melalui Harun dan Musa?
23. Siapa nama suami dari Debora, nabiah sekaligus hakim Israel?
24. Pertama kali Tuhan memanggil Samuel ketika dia masih kecil dan sedang tidur. Samuel tidur dimana waktu Tuhan memanggilnya pertama kali?
25. Yesus ketika berkhotbah di bukit mengatakan ucapan bahagia. Apa yang didapatkan oleh orang yang murah hatinya sehingga disebut orang yang berbahagia?

Daftar pertanyaan ini bisa didownload, klik gambar dibawah ini
bible icebreaker

Seru kan kuis Alkitab nya? Semoga bermanfaat ya
Jangan lupa klik tombol share di atas ya. makasih. 
 

2 comments:

Ben said...

Ada jawabannya ga?

Ben said...

Ada jawabannya ga?