Trivia Alkitab - peran Roh Kudus dalam hidup kita

peran Roh Kudus dalam hidup orang percaya
Setelah kita lahir baru, Roh Kudus tinggal di dalam kita. Roh Kudus yang adalah pribadi Allah sendiri. Dialah yang menuntun dan memampukan kita untuk berjalan di jalan Kerajaan Allah.  

Pencurahan Roh Kudus adalah bentuk penggenapan janji Allah yang tertulis dalam Yoel 2:28-29 dikatakan, “Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan. Juga ke atas hamba-hambamu laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu.” 

Kita harus tahu apa peran Roh Kudus dalam hidup kita karena kita betul-betul bergantung sepenuhnya kepada Roh Kudus. 

Lalu apa aja sih peran Roh Kudus dalam hidup kita?   

1.  Dia memimpin kita ke dalam seluruh kebenaran  
(Yohanes 16:13-15) "Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diriNya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengarNya itulah yang akan dikatakanNya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimaNya dari padaKu. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimaNya dari padaKu."  

2. Membantu kita untuk mengenal Tuhan 
(Yohanes 15:26) "Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku." 
3. Menyertai orang percaya dan menjadi penolong kita 
  (Yohanes 14:16-17) “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu”.  
 
4. Mengerjakan pembaharuan di dalam kita 
(Titus 3:5) “Pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus”.  
 
5. Menolong kita mematikan perbuatan-perbuatan daging dan memberikan kepada kita buah Roh 
(Roma 8:13) “Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup.” (Galatia 5:22-23) “Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.”Ketika Dia mendiami kita, Dia mulai menghasilkan dan menuai buah-Nya dalam kehidupan kita yaitu kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri”. Ini bukanlah hasil pekerjaan daging kita, yang tidak mampu untuk menghasilkan buah semacam ini, namun adalah hasil dari kehadiran Roh Kudus dalam kehidupan kita.  
 
6. Menolong kita dalam kelemahan kita bahkan membantu kita berdoa 
(Roma 8:26) "Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan." 
 
7. Memberikan kepada kita hikmat dan wahyu 
(Efesus 1:17-18) “…dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar. Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus..”  
 
8. Mengubah orang percaya menjadi seperti Kristus 
(2 Korintus 3:18) “Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.”  
 
9. Menjadikan kita anak-anak Allah 
(Roma 8:15) “Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!”  
 
10. Menjadi meterai dan jaminan bagi orang percaya 
(Efesus 1:13-14) “Di dalam Dia kamu juga - karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu - di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu. Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.”   
 
11. Memberi kepada kita kuasa untuk menjadi saksi-Nya 
(Kisah Para Rasul 1: 8) “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”  
 
12. Menjadi Penghibur, pengingat dan pengajar kita 
(Yohanes 14:26) "tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu."   
 
13. Menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman 
(Yohanes 16:8) “Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman”  
 
14. Menyatukan tubuh Kristus 
(Efesus 4:3-6) "Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu,satu Tuhan, satu iman, satu baptisan, satu Allah dan Bapa dari semua, Allah yang di atas semua dan oleh semua dan di dalam semua."  
 
15. Memberikan karunia Roh 
Allah memberikan karunia-karunia Roh lewat Roh Kudus yang diam di dalam kita supaya kita dapat menjalankan fungsi sebagai tubuh Kristus di dunia ini. Tujuannya supaya kita dapat menjadi saksi Tuhan. (1 Korintus 12) 
 

No comments: