Angka 40 di Alkitab

Di Alkitab ternyata banyak ditemukan angka 40. Meskipun tidak mengandung arti khusus tetapi lumayan menarik juga fakta-faktanya. 

a. 40 hari 40 malam hujan lebat pada jaman Nuh, mendatangkan air bah 
Dan turunlah hujan lebat meliputi bumi empat puluh hari empat puluh malam lamanya (kejadian 7:12) 

b. Ishak berumur 40 tahun ketika Ribka menjadi istrinya 
Dan Ishak berumur empat puluh tahun, ketika Ribka, anak Betuel, orang Aram dari Padan-Aram, saudara perempuan Laban orang Aram itu, diambilnya menjadi isterinya (kejadian 25:29) 

c. Esau berumur 40 tahun ketika ia mengambil 2 wanita Kanaan menjadi istrinya 
Ketika Esau telah berumur empat puluh tahun, ia mengambil Yudit, anak Beeri orang Het, dan Basmat, anak Elon orang Het, menjadi isterinya (kejadian 26:34) 

d. 40 hari lamanya, waktu yang diperlukan untuk merempah-rempahi mayat Yakub, sesuai dengan tradisi Mesir 
Dan Yusuf memerintahkan kepada tabib-tabib, yaitu hamba-hambanya, untuk merempah-rempahi mayat ayahnya; maka tabib-tabib itu merempah-rempahi mayat Israel. Hal itu memerlukan empat puluh hari lamanya, sebab demikianlah lamanya waktu yang diperlukan untuk merempah-rempahi, dan orang Mesir menangisi dia tujuh puluh hari lamanya (kejadian 50:2-3) 

e. 40 tahun lamanya orang Israel berjalan di padang gurun dan makan manna 
Orang Israel makan manna empat puluh tahun lamanya, sampai mereka tiba di tanah yang didiami orang; mereka makan manna sampai tiba di perbatasan tanah Kanaan (keluaran 16:35) 


f. Musa, Elia dan Yesus berpuasa selama 40 hari 40 malam 
Dan Musa ada di sana bersama-sama dengan Tuhan empat puluh hari empat malam lamanya, tidak makan roti dan tidak minum air, dan ia menuliskan pada loh itu segala perkataan perjanjian, yakni Kesepuluh Firman (keluaran 34:28)

Maka bangunlah ia (Elia), lalu makan dan minum, dan oleh kekuatan makanan itu ia berjalan empat puluh hari empat puluh malam lamanya sampai ke gunung Allah, yakni gunung Horeb (1 raja 19:8)

Dan setelah berpuasa empat puluh hari empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus (matius 4:2)

g. Musa kabur dari Mesir ke Midian pada umur 40 tahun dan tinggal disana selama 40 tahun 
Mendengar perkataan itu, larilah Musa dan hidup sebagai pendatang di tanah Midian. Di situ ia memperanakkan dua orang anak laki-laki. Dan sesudah empat puluh tahun tampaklah kepadanya seorang malaikat di padang gurun Sinai di dalam nyala api yang keluar dari semak duri. (kisah rasul 7:29-30)

Adapun Musa depalan puluh tahun umurnya dan Harun delapan puluh tiga tahun, ketika mereka berbicara kepada Firaun (keluaran 7:7)

h. 40 hari lamanya masa nifas seorang ibu setelah melahirkan anak laki-laki 
Apabila seorang perempuan bersalin dan melahirkan anak laki-laki, maka najislah ia selama 7 hari.... selanjutnya 33 hari lamanya perempuan itu harus tinggal menantikan pentahiran dari darah nifas, ....(imamat 12:2-4).
 
Nah kalo melahirkan anak perempuan, masa nifasnya 80 hari (imamat 12:5) 

i. 40 hari lamanya, 12 orang Israel mengintai negeri Kanaan 
Sesudah lewat empat puluh hari pulanglah mereka dari pengintaian negeri itu, dan langsung datang kepada Musa, Harun dan segenap umat Israel di Kadesh, di padang gurun Paran. (bilangan 13:25-26) 

j. Kaleb berumur 40 tahun ketika disuruh mengintai negeri Kanaan 
Aku berumur empat puluh tahun, ketika aku disuruh Musa, hamba Tuhan itu, dari Kadesh-Barnea untuk mengintai negeri ini; dan aku pulang membawa kabar kepadanya yang sejujur-jujurnya (yosua 14:7) 

k. Goliat mengejek orang Israel selama 40 hari setiap pagi dan petang 
Selama empat puluh hari Goliat orang Filistin itu keluar dari kemahnya setiap pagi dan petang dan berdiri menghadap tentara Israel dan mengejek mereka (1 samuel 17:16 VMD) 

l. Isyboset bin Saul berumur 40 tahun waktu menjadi raja Israel 
Isyboset bin Saul berumur empat puluh tahun pada waktu ia menjadi raja atas Israel dan ia memerintah dua tahun lamanya. Hanyalah kaum Yehuda yang mengikuti Daud (2 samuel 2:10) 

m. 40 tahun lamanya Saul memerintah jadi raja 
Orang Yahudi meminta seorang raja, dan Allah memberi kepada mereka Saul, anak Kish dari suku Benyamin. Dia memerintah selama empat puluh tahun (kisah rasul 13:21 VMD) 

n. 40 tahun lamanya Daud memerintah jadi raja 
Daud berumur tiga puluh tahun, pada waktu itu menjadi raja; empat puluh tahun lamanya ia memerintah (2 samuel 5:4) 

o. 40 tahun lamanya Salomo memerintah jadi raja 
Lamanya Salomo memerintah di Yerusalem atas seluruh Israel ialah empat puluh tahun (1 raja 11:42) 

p. Niniwe diberi waktu 40 hari untuk bertobat 
Mulailah Yunus masuk ke dalam kota itu sehari seperjalanan jauhnya, lalu berseru:"Empat puluh hari lagi, maka Niniwe akan ditunggangbalikkan" (yunus 3:4) 

q. 40 hari lamanya Yesus menampakkan diri dan berbicara kepada pengikutNya setelah Dia bangkit 
Kepada mereka Ia menunjukkan diriNya setelah penderitaanNya selesai, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan, bahwa ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerjaan Allah (kisah rasul 1:3) 

r. Pengemis lumpuh sejah lahir yang disembuhkan Petrus berumur 40 tahun lebih
Sebab orang yang disembuhkan oleh mujizat itu sudah lebih dari empat puluh tahun umurnya (kisah rasul 3, 4:22)

s. Yehezkiel menanggung hukuman atas Yehuda selama empat puluh hari
Kalau engkau sudah mengakhiri waktu ini, berbaringlah engkau untuk kedua kalinya, tetapi pada sisi kananmu dan tanggunglah hukuman kaum Yehuda empat puluh hari lamanya; Aku menentukan bagimu satu hari untuk satu tahun (yehezkiel 4:6)

t. bangsa Yahudi dilarang mencambuk lebih dari 40 kali
Empat puluh kali harus orang itu dipukuli, jangan lebih; supaya jangan saudaramu menjadi rendah di matamu, apabila ia dipukul lebih banyak lagi (ulangan 25:3)


No comments: